UAS APSI_REZKA ANWAR_4420210018
Nama : Rezka Anwar
NPM : 4420210018
UAS APSI
Soal no 1 : Bisnis proses + Temlate - Draw io
- Level 1
- Level 2
- Level 3
- Level 4
Soal 2 : Membuat Ringkasan per modul flow chart + silde
Contoh Kelemahan dan kekurangan sistem informasi kalau tidak pakai ERP. Berikan studi kasus.
Kelebihan:
Dengan menggunakan ERP bisnis data bisa terintegrasi dengan baik, dimana dengan erp dapat menjaring setiap data yang dibutuhkan oleh perusahaan serta perubahan yang terjadi secara realtime dapat mudah dipantau.
Membantu dalam menyusun rencana dan manajemen sistem informasi, dimana di dalam software erp memiliki alat-alat pendukung untuk pengambilan keputusan yang terbaik.
Membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dengan erp ini dapat membantu meningkatkan produktivitas operasional perusahaan. Semua transaksi, dari pembelian, penjualan, pengiriman, pemasok, manajemen kas akan berjalan lebih cepat dan sederhana
Membantu pengambilan keputusan, dengan erp ini dapat membantu pihak manajemen mengambil keputusan karena software ini dapat menyediakan data keudangan ataupun data penting lainnya secara cepat, lengkap dan akurat.
Kekurangan:
Membutuhkan sejumlah modal, dikarenakan erp berupa perangkat lunak tentunya tidak bisa mendapatkannya dengan gratis atau harga murah. Harga dari sistem ini cukup mahal, mengingat proses pembuatannya yang cukup rumit dan tidak mudah yang nantinya akan diberikan software dan license ketika memutuskan untuk membeli ERP ini.
Adaptasi sistem ERP umumnya memakan waktu, jadi sebuah perusahaan yang memutuskan untuk mengikuti sistem ERP maka akan membutuhkan waktu untuk rekayasa serta trial and error. Proses ini tentu akan memakan waktu yang cukup banyak dan dapat menyebabkan menurunnya produktivitas perusahaan.
ERP adalah sistem yang cukup kompleks, kebutuhan setiap orang berhubungan dengan ERP itu berbeda-beda. Terkadang sistem ini dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan pihak-pihak yang membutuhkan
Contoh studi kasus:
Pada perusahaan PT Apparel One Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang garment. Dalam menjalankan proses bisnis terdapat permasalahan di bagian gudang bahan baku yaitu saat proses pencatatan barang yang masuk dan keluar di warehouse sebagian besar masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel yang mengakibatkan butuh waktu dan tenaga lebih banyak. Agar lebih efisiensi sebaiknya bisa menerapkan software ERP seperti Odoo yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dimana dengan menggunakan odoo untuk pendataan penerimaan material dapat tercatat secara otomatis berdasarkan pembelian yang dilakukan oleh purchasing, material yang diterima akan terupdate secara otomatis oleh software ini dan pendataan dapat tersimpan di database odoo.
Jelaskan fitur modul Purchase, Sales, Finance Accounting
Modul Purchase
Modul purchase ini sebagai komponen kunci dari manajemen persediaan barang dalam memantau ketersediaan barangnya dan membantu perusahaan menentukan apa, kapan dan berapa yang harus dibeli. Fitur dalam modul purchase sebagai berikut:
RFQ : merupakan dokumen pengajuan kepada vendor perusahaan kita untuk menginformasikan bahwa ingin melakukan pengadaan barang.
Purchase Order : merupakan dokumen utama bagi vendor untuk memproduksi atau memenuhi perlengkapan yang kita butuhkan.
Vendor : merupakan pihak yang akan menjadi tempat kita membeli perlengkapan yang dibutuhkan.
Vendor Reference : jadi apabila perusahaan sebelumnya menerima sales order, maka perusahaan bisa memasukan nomor sales order dalam dokumen ini.
Product Bills: merupakan sebuah dokumen yang berisi mengenai pembayaran produk
Modul Sales
Di Dalam modul sales terdapat fitur-fitur seperti fitur orders didalamnya terdapat quotation, orders, sales teams dan customers, fitur selanjutnya to invoke dimana berisi order to invoice dan order to upsell, fitur products berisi product dan price lists dan terakhir reporting
Quotation : merupakan surat penawaran kepada pelanggan setelah adanya permintaan barang
Sales team : sekelompok staf yang didedikasi untuk menjual produk atau layanan perusahaan kepada pelanggan.
Product : merupakan sebuah barang yang nantinya akan dijualkan kepada pelanggan
Modul Finance Accounting
Di Dalam modul finance accounting terdapat fitur-fitur seperti:
Fitur customer yang didalamnya terdapat invoice, credit notes, payment, follow-up reports, products, customer dan e-faktur.
Fitur vendor didalamnya terdapat pembuatan bills, refunds, payments, products, dan vendors.
Fitur accounting didalamnya terdapat journal entries, sales,purchase, bank and cash, general ledger dan lain sebagainya
Fitur reporting didalamnya terdapat general statements, daily reports, partner reports, management dan juga audit report
Bandingkan modul Odoo tugas Anda dengan salah satu aplikasi komputer non ERP (misal Accurate, Zahir, MYOB, dll). Analisa tiap fiturnya
Aplikasi MYOB accounting merupakan sebuah software yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu.. Sedangkan ERP merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan mengelola bisnis secara terintegrasi. Salah satu contoh aplikasi ERP adalah odoo. Berikut ini merupakan perbandingan sebuah modul accounting di odoo dengan aplikasi zahir:
Dengan menggunakan aplikasi MYOB hanya divisi akuntansi atau keuangan yang menggunakannya sementara sistem erp divisi perusahaan dan setiap karyawan dapat menggunakan dengan pemberian akses.
aplikasi MYOB ini user friendly dimana tampilan sederhana yang membuat pengguna lebih mudah memahaminya sedangkan untuk aplikasi ERP sedikit kompleks untuk tampilannya sehingga sedikit sulit untuk dipahami
Belum mendukung Multi Currency dalam aplikasi MYOB sehingga harus melakukan konversi mata uang terlebih dahulu sebelum memasukkan transaksi yang sudah dilakukan
Untuk format neraca keuangan dalam aplikasi MYOB ini neraca keuangan Australia, sehingga hal ini cukup merepotkan karena format neraca keuangan yang umum digunakan di Indonesia berbeda dengan format neraca keuangan di Australia.
Komentar
Posting Komentar