UAS APSI_REZKA ANWAR_4420210018

 Nama : Rezka Anwar

NPM : 4420210018

UAS APSI


Soal no 1 : Bisnis proses + Temlate - Draw io

  • Level 1


  • Level 2


  • Level 3
1. Purcase


2. Sales


3. Accounting


4. Warehouse

  • Level 4



 1. CRM (Customer Relationship Management
Modul CRM untuk menganalisis interaksi antara perusahan dan pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan melalui hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Modul ini membantu perusahaan mengelola data-data pelanggan seperti daftar pelanggan beserta detail mereka, jejak interaksi, segmen pelanggan, detail perilaku pelanggan, komplain pembelian, dan data yang lain yang berkaitan erat dengan marketing dan penjualan.

2. E-commerce
Terakhir, ada modul e-commerce. Modul ini digunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu miliki secara online. Jika kamu juga menggunakan modul Sales, maka penjualan secara online akan tercatat pada modul Sales. Sehingga kamu dapat melihat total penjualanmu, baik penjualan online maupun penjualan online, dengan mudah.

3. Saless
Modul sales memungkinkan kita untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan secara rapi. Modul ini memungkinkan kita membuat pesanan baru dan memantau semua pesanan serta pengiriman barang untuk pelanggan yang ada di berbagai negara.  Modul ini mencakup pengelolaan data pelanggan, pemantauan siklus penjualan, penjadwalan follow up ke pelanggan, pembuatan penawaran penjualan, penerbitan tagihan, dan laporan penjualan yang lengkap.

4. iventori
Modul ini menyediakan fungsionalitas untuk mengatur multi-warehouse, sehingga tidak perlu khawatir ketika bisnis retail kamu semakin berkembang dan membutuhkan gudang baru. Fitur-fitur yang ada dalam modul ini adalah manajemen stok, manajemen gudang, prakiraan inventaris (inventory forecasting), pengambilan dan pengemasan stok barang, manajemen supplier, dan pelacakan pengiriman.
5. Manufacturing
Dengan implementasi modul Odoo Manufaktur, pengguna akan dapat mengelola proses produksi yang kompleks, merencanakan pesanan, mengelola tagihan bahan, memonitoring kegiatan karyawan di pabrik dan melacak pesanan dengan mudah. Tidak perlu terjun langsung ke pabrik, hanya cukup dengan di depan monitor, Anda bisa melihat semuanya.  Dalam modul ini terdapat double entry stock untuk mempermudah tracebility, melakukan control terhadap biaya dan margins proyek, product dan partners dan mudah untuk menjalankannya. Bisa diintegrasikan dengan Accounting untuk transaksi secara otomatis, dan diintegrasikan dengan HR Management untuk mendapatkan ketersediaan resources.



6. Purcase
Purchase management memungkinkan kita untuk membuat penawaran ke beberapa supplier dengan sistem tender. Setelah kita mendapatkan supplier dengan penawaran dan harga terbaik, kita dapat mengkonversikan penawaran tersebut menjadi pesanan pembelian. Melalui modul pembelian Odoo, kita juga dapat melihat detail informasi supplier, mengontrol penerimaan barang, serta mengecek tagihan supplier yang telah kita terima

7. Accounting
Odoo menyediakan modul accounting yang di dalamnya terdapat fitur penagihan, bank dan kas, jurnal entri, laporan keuangan, dan lainnya. Odoo juga memiliki lebih dari 50 modul tambahan dalam accounting seperti manajemen aset, budget, dan analytic control.








Link Gdrive : https://drive.google.com/drive/folders/1DQ1GuINJadsLr9pu29K7aF43RPe4LEEn?usp=sharing



Soal 2 : Membuat Ringkasan per modul flow chart + silde

  1. Contoh Kelemahan dan kekurangan sistem informasi kalau tidak pakai ERP. Berikan studi kasus.

Kelebihan:

  • Dengan menggunakan ERP bisnis data bisa terintegrasi dengan baik, dimana dengan erp dapat menjaring setiap data yang dibutuhkan oleh perusahaan serta perubahan yang terjadi secara realtime dapat mudah dipantau.

  • Membantu dalam menyusun rencana dan manajemen sistem informasi, dimana di dalam software erp memiliki alat-alat pendukung untuk pengambilan keputusan yang terbaik.

  • Membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dengan erp ini dapat membantu meningkatkan produktivitas operasional perusahaan. Semua transaksi, dari pembelian, penjualan, pengiriman, pemasok, manajemen kas akan berjalan lebih cepat dan sederhana

  • Membantu pengambilan keputusan, dengan erp ini dapat membantu pihak manajemen mengambil keputusan karena software ini dapat menyediakan data keudangan ataupun data penting lainnya secara cepat, lengkap dan akurat. 

Kekurangan:

  • Membutuhkan sejumlah modal, dikarenakan erp berupa perangkat lunak tentunya tidak bisa mendapatkannya dengan gratis atau harga murah. Harga dari sistem ini cukup mahal, mengingat proses pembuatannya yang cukup rumit dan tidak mudah yang nantinya akan diberikan software dan license ketika memutuskan untuk membeli ERP ini.

  • Adaptasi sistem ERP umumnya memakan waktu, jadi sebuah perusahaan yang memutuskan untuk mengikuti sistem ERP maka akan membutuhkan waktu untuk rekayasa serta trial and error. Proses ini tentu akan memakan waktu yang cukup banyak dan dapat menyebabkan menurunnya produktivitas perusahaan.

  • ERP adalah sistem yang cukup kompleks, kebutuhan setiap orang berhubungan dengan ERP itu berbeda-beda. Terkadang sistem ini dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan pihak-pihak yang membutuhkan

Contoh studi kasus:

Pada perusahaan PT Apparel One Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang garment. Dalam menjalankan proses bisnis terdapat permasalahan di bagian gudang bahan baku yaitu saat proses pencatatan barang yang masuk dan keluar di warehouse sebagian besar masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel yang mengakibatkan butuh waktu dan tenaga lebih banyak. Agar lebih efisiensi sebaiknya bisa menerapkan software ERP seperti Odoo yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dimana dengan menggunakan odoo untuk pendataan penerimaan material dapat tercatat secara otomatis berdasarkan pembelian yang dilakukan oleh purchasing, material yang diterima akan terupdate secara otomatis oleh software ini dan pendataan dapat tersimpan di database odoo. 


  1.  Jelaskan fitur modul Purchase, Sales, Finance Accounting

  • Modul Purchase

Modul purchase ini sebagai komponen kunci dari manajemen persediaan barang dalam memantau ketersediaan barangnya dan membantu perusahaan menentukan apa, kapan dan berapa yang harus dibeli. Fitur dalam modul purchase sebagai berikut:

  • RFQ : merupakan dokumen pengajuan kepada vendor perusahaan kita untuk menginformasikan bahwa ingin melakukan pengadaan barang.

  • Purchase Order : merupakan dokumen utama bagi vendor untuk memproduksi atau memenuhi perlengkapan yang kita butuhkan.

  • Vendor : merupakan pihak yang akan menjadi tempat kita membeli perlengkapan yang dibutuhkan. 

  • Vendor Reference : jadi apabila perusahaan sebelumnya menerima sales order, maka perusahaan bisa memasukan nomor sales order dalam dokumen ini.

  • Product Bills: merupakan sebuah dokumen yang berisi mengenai pembayaran produk

  • Modul Sales 

Di Dalam modul sales terdapat fitur-fitur seperti fitur orders didalamnya terdapat quotation, orders, sales teams dan customers, fitur selanjutnya to invoke dimana berisi order to invoice dan order to upsell, fitur products berisi product dan price lists dan terakhir reporting

  • Quotation : merupakan surat penawaran kepada pelanggan setelah adanya permintaan barang

  • Sales team : sekelompok staf yang didedikasi untuk menjual produk atau layanan perusahaan kepada pelanggan.

  • Product : merupakan sebuah barang yang nantinya akan dijualkan kepada pelanggan

  • Modul Finance Accounting

Di Dalam modul finance accounting terdapat fitur-fitur seperti:

  • Fitur customer yang didalamnya terdapat invoice, credit notes, payment, follow-up reports, products, customer dan e-faktur. 

  • Fitur vendor didalamnya terdapat pembuatan bills, refunds, payments, products, dan vendors.

  • Fitur accounting didalamnya terdapat journal entries, sales,purchase, bank and cash, general ledger dan lain sebagainya

  • Fitur reporting didalamnya terdapat general statements, daily reports, partner reports, management dan juga audit report


  1. Bandingkan modul Odoo tugas Anda dengan salah satu aplikasi komputer non ERP (misal Accurate, Zahir, MYOB, dll). Analisa tiap fiturnya

Aplikasi MYOB accounting merupakan sebuah software yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu.. Sedangkan ERP merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan mengelola bisnis secara terintegrasi. Salah satu contoh aplikasi ERP adalah odoo. Berikut ini merupakan perbandingan sebuah modul accounting di odoo dengan aplikasi zahir:

  • Dengan menggunakan aplikasi MYOB hanya divisi akuntansi atau keuangan yang menggunakannya sementara sistem erp divisi perusahaan dan setiap karyawan dapat menggunakan dengan pemberian akses.

  •  aplikasi MYOB ini user friendly dimana tampilan sederhana yang membuat pengguna lebih mudah memahaminya sedangkan untuk aplikasi ERP sedikit kompleks untuk tampilannya sehingga sedikit sulit untuk dipahami

  • Belum mendukung Multi Currency dalam aplikasi MYOB sehingga harus melakukan konversi mata uang terlebih dahulu sebelum memasukkan transaksi yang sudah dilakukan

  • Untuk format neraca keuangan dalam aplikasi MYOB ini neraca keuangan Australia, sehingga hal ini cukup merepotkan karena format neraca keuangan yang umum digunakan di Indonesia berbeda dengan format neraca keuangan di Australia.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Aplikasi Alfagift

Flowchart Process HRD